Tempat Merayakan Birthday, di Jakarta Timur

Spesifiknya, post ini membahas tentang tempat merayakan birthday anak-anak, di daerah Kalimalang Jakarta Timur.

Yang namanya daerah Kalimalang itu, membentang dari mulai Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur sampai ke Metropolitan Mall, Bekasi. Dari ujung ke ujung tersebut, relatif ditengahnya, ada daerah yang namanya Pangkalanjati. Daerah Pangkalanjati masih masuk Jakarta Timur, tetapi karena letaknya ditengah, susaah deh cari tempat untuk merayakan ulang tahun anak-anak, kecuali di restoran cepat saji, atau fast food (baca: junk food) restaurant.

Mulai tahun 2012, ada Mal Cipinang Indah, yang menjadi harapan akan munculnya alternatif tempat merayakan ulang tahun anak-anak. Tapi, di tahun itu, Mal nya masih sepi banget, yang rame cuma Carrefour (sigh). Sampai akhirnya di 2016 ini, di Mal Cipinang Indah ada tempat yang lumayan deh, Bee Bee Land, dengan slogan nya, Where Everyday Is a Fun Day. Akhirnyaaa, ha ha, ada juga tempat yang lumayan enak buat ngerayain ulang tahun anak-anak. Ga cuma buat ulang tahunan lho, menurut gua, bisa juga untuk acara anak-anak lainnya. Yang jelas, kepingin juga ngadain summer playdate buat anak-anak BIA/sekolah minggu.

Untuk Bee Bee Land sendiri, paket ulang tahun dibagi menjadi 3 jenis, Silver Birthday Blast, Gold Party Ticket, Platinum Party.

Kesamaan fasilitas dari 3 paket itu adalah:

  1. Dapat MC Instruktur
  2. Backdrop ulang tahun (backdrop original dari mereka modelnya sederhana banget, tapi point pentingnya adalah, pertama ga ada logo Bee Bee Land, dan kedua, boleh bawa backdrop sendiri, ga kena tambahan biaya)
  3. Free bermain di playground selama 60 menit (mereka ada dua area, area bermain yang namanya Treehouse Seaport, dan area makan minum plus crafting, dimana disediakan tempat duduk dan mejanya)
  4. Sound system provided, socks juga sudah termasuk di harga tiap paket.
  5. Dapat sesi crafting untuk masing-masing anak.

 

Beda fasilitas dari 3 paket itu adalah, harga. Di tahun 2016, harganya sbb:

  1. Silver Birthday Blast, tiap anak, weekday Rp48.000, weekend Rp55.000.
  2. Gold Party Ticket, tiap anak, weekday Rp 68.000, weekend Rp75.000
  3. Platinum Party, tiap anak, weekday Rp 80.000, weekend Rp 85.000

 

Yang membedakan dariĀ  harga tersebut jenis aktivitas craftingnya, semakin mahal harganya maka bahan-bahan crafting nya semakin mahal.

  • Silver Birthday Blast, aktivitasnya pola pasir atau mosaic atau frame glitter ukurang sedang.
  • Gold Party Ticket, aktivitasnya mewarnai pola karet A5 atau DIY painting 4in1.
  • Platinum Party, aktivitasnya mewarna patung.

 

Selain itu juga ada ketentuan dasarnya:

  1. Waktu weekdays 08.30-18.00, weekend 08.30-12.00 (Nah, ini maksudnya, untuk merayakan ulang tahun hanya tersedia mulai jam yang disebutkan diatas)
  2. Khusus weekend, apabila lewat pukul 12.00 maka akan kena charge Rp 250.000 (setelah jam 12 dipastikan rame sih ya, males juga sih kalau campur dengan anak-anak yang ga termasuk undangan, tapi kalau weekend jadinya ga bisa rayain sore hari. Ini minus point nya dibanding resto cepat saji yang bisa)
  3. Kue ulang tahun boleh membawa sendiri dari luar, dan juga bisa dimakan ditempat (nah, ini plus point nya, karena resto cepat saji rata-rata ga ijinin kue ulang tahun dimakan ditempat)
  4. Minimum 15 anak tiap paket, dimana tiap 1 anak boleh bawa satu pendamping untuk masuk ke area bermain.

 

Cukup membahas mengenai ketentuan, mari kita bahas Playground Area nya, Treehouse Seaport. My personal thoughts are:

  • Tempatnya cukup bersih (semoga ga cuma karena tempat baru ya, semoga selalu bersih)
  • Area bermain, gua nilai aman. Di beberapa tempat, mereka kasih jaring pengaman. Sudut keras dilapis bantalan foam. Lantai ditutup karpet foam. Pintu keluar masuk dihalang counter dan ada penjaganya.
  • Area mandi bola bersih, kolam ga terlalu dalam. (kalau kolam terlalu dalam ga ketahuan dalamnya apa aja, kan ya, hiiy, untung disini ga begitu)
  • Peruntukan anak usia 3-10 tahun, bisa main mandiri dalam playground. Sementara usia 3 tahun kebawah harus dengan pendamping. Di beberapa tempat, anak dengan tinggi diatas 140cm harus hati-hati kejedut.
  • Penerangan baik, dimana-mana banyak lampu.
  • Seandainya playhouses nya ditambah, mungkin playhouse yang ada swingnya, juga mainan kecil lainnya kayak ride-on, trus see-saw. Sementara ini, slider dan playhouse dan ride-on nya dapat nilai 6,8 out of 10 deh dari gua.

 

pano_20160930_183429

Ini foto panorama area Bee Bee Land Playground, Treehouse Seaport. Lantai ditutup karpet foam yang empuk. Sepanjang sisi playground terbuka, hanya ditutup jaring, jadi kalau ga masuk ke dalam pun tetap bisa mengawasi anak-anak yang bermain.

 

pano_20160930_184114

Ini foto panorama tampak luar, Bee Bee Land, di Mal Cipinang Indah, lantai 3.

 

Ini foto entrance ke playground, dan foto area crafting dan perayaan ulang tahun.

Anak-anak gua kemarin coba main disini, mereka puas banget. Masuk jam 18.00 wib, keluar jam 19.30 wib untuk makan diluar. Lalu, boleh masuk lagi ke playground, mulai jam 20.15 wib, selesai (dipaksa) pulang, sekitar jam 21.00 wib. Bee Bee Land sendiri buka sampai jam 22.00 wib.

Untuk para mommies yang tinggal diseputaran Mal Cipinang Indah, daripada ngadain ulang tahun di resto cepat saji yang biasa, boleh dicoba deh ini tempat. Gua sendiri, lagi browsing, antara mau ngadain acara ulang tahun di rumah atau tidak, masih bingung. Yang jelas, selama ini ga pernah adain pesta ulang tahun, yang udah jadi komitmen kita. Gua dan hubby hanya adain syukuran ulang tahun untuk kakaknya saat lepas milestone 5 tahun.

Tahun depan, Bella bakal umur 5, dan setelah itu kan lepas balita, maka seperti dulu kakaknya kita adain syukuran, maka rencananya kita akan adain juga untuk adeknya.

Sebenarnya kita prefer adain di rumah, lebih nyaman masalah pengaturan waktu. Tapi, ada beberapa pertimbangan yang bikin gua menjajaki kemungkinan syukuran di luar rumah. Posting syukuran kakak nya ulang tahun, akan gua coba post sendiri ya, kapan-kapan.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s