Launchpad Untuk Anak Usia 10 Tahun

Postingan ini dibuat karena ternyata Launchpad sudah mewabah sampai anak usia praremaja, seperti anak gua, yang suka banget muter lagu-lagu yang dibuat dengan Launchpad sementara orangtuanya aja masih tergagap-gagap ngucapin kata ‘launchpad’

Berawal dari kesenangan Fidel menggunakan Youtube sebagai kanal pemutar musik. Walaupun kita juga tahu, ada beberapa cara untuk mendengarkan musik online dan gratis, semacam Spotify misalnya, yang mana gua juga lebih suka dibandingkan Youtube.

Dari Youtube itulah dia mulai kenal musik EDM, atau Electronic Dance Music, yang akrab dengan pemakaian Launchpad. Lalu, setelah sekian lama, akhirnya kita support dia untuk beli Launchpad, dengan uangnya sendiri, tapi kalau kurang nanti kita tambah atau genapin.

Kalau lihat di Youtube, main Launchpad kayaknya fun dan gampang. Pertanyaannya adalah, apakah benar segampang itu? Hahahaha, cara kerjanya aja kita bingung. Mulailah, cari di google dengan keyword seperti ‘jual launchpad’ atau ‘harga launchpad’. Ketemu beberapa situs web yang jual. Tapi, beneran deh, masih blank banget. Itu alatnya hanya begitu aja, atau ada lagi tambahan yang harus dibeli. Keluar bunyi-bunyiannya dari mana?

Akhirnya, kita pilih beberapa nama toko musik online yang jual Launchpad itu. Kita pilih yang punya offline store di Jakarta. Tujuannya supaya kita bisa tanya-tanya dan lihat barangnya kayak apa sih. Syukur-syukur bisa lihat demo cara mainnya.

Dapat satu toko musik online yang punya offline store di daerah Sunter, Jakarta Utara. Oke sip, angkat telpon. Si Emak yang maju nanya si Mbak penjaga toko. Kira-kira seperti ini pembicaraannya

E: Mbak, di toko XY ini jual Launchpad ya?

M: Kita cek di gudang dulu ya barangnya, Bu. Nanti kita SMS, no telpon Ibu berapa?

E: Emmm, bentar dulu Mbak. Saya lagi nyari Launchpad buat anak saya, usia 10 tahun. Tapi saya sendiri ga tau cara penggunaannya. Kira-kira saya bisa tanya-tanya dulu ga ya?

M: Wah, Bu. Kalau anak umur segitu mau main musik ya kasih keyboard aja. Launchpad mahal, Bu, itu kan untuk recording.

*deg, waduh. Ini gimana ini ya? Terusin apa kagak. Mbaknya kalau ketauan pemilik toko kira-kira diapain ya? Kena SP1 gitu kali ya. Langsung agak males sih, secara spontan, bikin garis garis tebel di bawah nama toko yang tadi gua catet di sepotong kertas*

E: Emangnya kira-kira berapa ya Mbak harganya untuk bisa mainin Launchpadnya.

M: Kira-kira 30 juta, Bu. Kan perlu macem-macem tambahan, speakernya aja khusus.

*wah, kacau, mahal banget ya. Apa iya? Ngeyel mode: ON*

E: Emang ga bisa pakai speaker biasa gitu?

M: Ga bisa Bu. Udah gitu kan ada software nya segala yang harus dibeli.

*eit, tunggu dulu, software? Gua emang ga ngerti Launchpad itu makanan apa, tapi gua bisa baca doong. Itu spesifikasi produknya, tertulis di website, untuk pembelian unit Launchpad itu udah include softwarenya, bernama Ableton*

E: Lho, kok saya baca di websitenya, software udah termasuk, Ableton Lite 9.

M: Oh gini aja deh, Bu. Ibu kasih aja no telponnya, nanti kita SMS in.

Nah, segitu dah. Kesimpulannya, Launchpad itu masih asing, banyak yang belum begitu familier bahkan untuk mbak mbak penjaga toko yang menjual barang tersebut. Pantesan itu Mbak nyuruh gua beliin aja keyboard buat anak gua.

Long story short, akhirnya kita komunikasi by WA dengan beberapa toko online yang juga punya offline store. Poin-poin pentingnya sehubungan dengan rencana pembelian Launchpad adalah sebagai berikut:

  1. Ada satu toko online yang menurut kita adalah recommended. Namanya audiostation.net, toko offlinenya di Senayan Trade Center. Kita beli disitu, setelah lihat-lihat dulu barangnya. Memang ga bisa coba, karena ga ada barang yang dijadikan sample atau display. Tapi, penjelasan mereka mulai dari komunikasi by WA maupun sesaat sebelum transaksi juga udah oke, informatif tapi santai.
  2. Launchpad bisa dibeli satuan gitu aja, disambungkan ke notebook dan atau pc, pakai speaker bawaan juga boleeh, tapi baiknya sih ditambah ya. Kalau budget bisa sampai 30 juta sih emang pasti suaranya mantep. Tapi, pakai speaker biasa juga ga masalah.
  3. Memang ada software yang perlu diinstall, namanya Ableton. Tapi, kalau beli Launchpad itu, kita juga dapet gratisan yang versi lite. Pakai Ableton versi lite untuk pemula juga udah oke banget. Untuk software versi lengkap sekitar seribu us dollar (yikes!) Info tambahan, jadi ya, alatnya itu namanya Launchpad, tapi supaya si Launchpad ini bisa bunyi-bunyi, kita install software Ableton itu, lalu kita utak atik atau setting nya di komputer, selesai setting, baru kita pencet-pencet deh itu Launchpad.
  4. Launchpad yang dibeli Fidel itu tipe nya yang mini, harganya variasi antara 1,8 – 2,5 juta. Tapi, waktu beli lagi diskon, beli di harga 1,2 jutaan.
  5. Setelah mengikuti langkah-langkah download software Ableton Lite versi 9, Launchpad dapat langsung dimainkan.

 

Mungkin segini dulu ya infonya, berhubung baru coba pakai juga. Nextnya, akan gua update cara pakai Launchpad nya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s