Fidel’s Afterschooling

Kalo kata bapaknya anak2, ngeyelan. Wong anaknya udah ga nengok2 lagi ke urusan homeschool, tapi masiih aja mikirin. Kadang rasanya susah banget ngelupain, biasanya terobati kalau Fidel selalu dengan semangat ngobrolin urusan sekolah.

Suatu Rabu: Ma, aku sekolah itu tinggal 48 jam lagi ya? | Ha maksudnya? | Maksudku, setelah 48 jam dari hari ini, aku libur ya? | Iya. Kenapa emangnya kok ngitung2 segala? (bingung, tapi alert juga, penasaran mau tau arah pembicaraan ini kemana) | Iya, aku pengen tau aja. Aku tuh kalo libur tuh senengnya segini (angkat tangan kanan tinggi2), tapi kalo sekolah itu senengnya juga sama segini juga (angkat tangan kiri tinggi2) | Gua: oo iya bagus tuh..kamu seneng ya sekolah? | Nanya nya begitu mulu Ma. Ya senenglah. Seneng bangett. (nyengir lebar)

Fidel suka banget banget dengan sekolah, walaupun menurut dia peernya banyak, disekolah nulis terus (padahal dia baru belajar nulis umur 6,5 taun, pas udah konfirm keterima sekolah), tapi temennya banyak, gurunya baik2, selain peer dan nulis, pelajarannya seru.

“Aku paling suka itu ya Ma, pelajaran Lukis, eh tapi aku juga suka Musik, trus kalo Matematika, kita belajarnya diruang alfa Ma, namanya. tu kayak bioskop. Aku juga senam, apalagi olahraga. Tapi aku juga kalau ada misa di gereja, adem gerejanya ga kayak gereja kita” *yang ngedenger mabok deh. Yaa itu sih suka hampir semuanya dong*

Trus apa dong yang ga disuka?

“Apa ya? (sok mikir) mungkin kalo PLBJ pas harus nulis itu Ma, susah, tapi kalo permainan di PLBJ aku suka. Aku juga suka wushu” *lho kenapa jadi bahas yang suka lagi sih, kan ditanya nya apa yang ga disuka*

Suatu ketika dia bilang, bahwa ada remedial matematik buat yang nilainya dibawah KKM. KKM itu adalah Kriteria Ketuntasan Minimal. Untuk Mat, KKM nya adalah 70. Jadi, yang dapet nilai dibawah 70 itu harus remedial. Kata Fidel, yang ga ikut remedial hanya beberapa orang aja, kebanyakan harus ikut karena nilai dibawah 70. Nilainya si boy itu 72.

“Jadi mungkin aku ikut juga ya Ma. Soalnya kan cuma lewat dikit dari 70. Tapi nanti mau tanya bu Guru dulu deh”

Oke, pas dijemput, kok ga keluar2, oh remedial kali ya. Ibu Bapak dan adeknya akhirnya makan dulu bakso malang deket sekolah, ngobrol2 ngalor ngidul. Udah sejam lebih ditunggu, kok ga keluar. Ga lama, temen2 sekelasnya banyak lewat. Wah, udah kelar nih. Tunggu lagi, kok ga keluar2 dari sekolah. Sementara, mau masuk area sekolah, ga enak ada peraturan, orangtua yang jemput ga boleh masuk sampai kelas. Liat sana sini, lho kok tasnya udah ada diruang tunggu. Hemm, ternyata, “aku katanya ga ikut remedial, jadi pulangnya cepet, akhirnya aku main bola aja sama temen2”

“Del, kayaknya hari ini mungkin kita telat ya jemput kamu. Mungkin sih, moga2 engga” | “gapapa Ma, aku seneng dijemput telat, aku bisa main lama2 disekolah| *preteen aja beloman, tapi udah ga clingy lagi ma kita*

Tapi, kita sadar juga, sekeras apapun kita berusaha, yang dijalanin sekarang adalah hidup Fidel, dan kita berusaha keras agar Fidel tidak menjalani mimpi kita. Dia punya mimpi2nya sendiri. Kita banyak mengabadikan betapa sekolah memang pilihan Fidel, dan karena dia menjalani apa yang menjadi pilihannya sembari dapet dukungan dari kita, sepertinya kita masih bisa jalan beriringan berangkulan.

nilainya jarang 100, tapi jarang juga dibawah KKM. Sehingga, badge yang didapet adalah "terimakasih sudah bersikap baik dan sopan saat dikelas"

nilainya jarang 100, tapi jarang juga dibawah KKM. Sehingga, badge yang didapet adalah “terimakasih sudah bersikap baik dan sopan saat dikelas”

salah satu surat cinta dari gurunya "terimakasih fidel, selalu mengucapkan 'terimakasih' ketika diberi sesuatu

salah satu surat cinta dari gurunya “terimakasih fidel, selalu mengucapkan ‘terimakasih’ ketika diberi sesuatu

untuk anak kelas satu, tugas2 utk dikerjakan dari rumah, sebagaian besar crafting. Untungnya si boy suka2 aja.

untuk anak kelas satu, tugas2 utk dikerjakan dari rumah, sebagaian besar crafting. Untungnya si boy suka2 aja.

suatu ketika, masuk ke area sekolah, lewat depan kelasnya, dan ini yang tertempel dijendela. Ah, so sweet, peluk ayahnya Fidel deh

suatu ketika, masuk ke area sekolah, lewat depan kelasnya, dan ini yang tertempel dijendela. Ah, so sweet, peluk ayahnya Fidel deh

Fidel baru belajar nulis tangan umur 6,5 taun, jadi dia masih kesulitan dengan menulis indah

Fidel baru belajar nulis tangan umur 6,5 taun, jadi dia masih kesulitan dengan menulis indah

Waktu hari guru kemarin, walaupun gua yang tata didalem keranjang, tapi Fidel yang gunting2, yang pilih hadiahnya.

Waktu hari guru kemarin, walaupun gua yang tata didalem keranjang, tapi Fidel yang gunting2, yang pilih hadiahnya.

Kemarin dia pulang bawa dua kartu ucapan natal. Satu untuk gua, dan satu lagi untuk bapaknya. Yang menarik, ternyata dia dapet beberapa kartu natal dari temen.

Kemarin dia pulang bawa dua kartu ucapan natal. Satu untuk gua, dan satu lagi untuk bapaknya. Yang menarik, ternyata dia dapet beberapa kartu natal dari temen.

"Maaf ya A, kartu natalku buat orangtuaku" Ternyata kartu natal bebas untuk siapa aja, dan rata2 anak2 bikin untuk temen sekelasnya.

“Maaf ya A, kartu natalku buat orangtuaku” Ternyata kartu natal bebas untuk siapa aja, dan rata2 anak2 bikin untuk temen sekelasnya, yang mana Fidel ternyata pilih bikin kartunya untuk kita.

 

Tapi, keharmonisan itu ada syaratnya. Kalo dirumah, no drill on school stuff. Keknya dia bosen berat. Biarpun nilai ulangannya jarang seratus, tapi kl dirumah, dia ogah ngulang2 pelajaran apalan itu. Padahal juga ga apal2 banget sih kalo ditanyain, hehehehe.

Kegiatan Fidel kalau dirumah, adalah main game online. Dari mulai main Grand Theft Auto, Minecraft, sampe Candycrush. Selain game online, dia juga suka hampir semua yang outdoor. Kadang masih pake seragam sekolah, dia manjat2 pohon rambutan dihalaman, atau main mobil2an dideket sarang rayap yang ada di pohon duren belakang rumah. Atau hanya main sepeda aja keliling rumah.

Pekerjaan rumah tangga agak susah diselipinnya, ga seperti waktu HS dulu. Tapi karena dia udah semakin besar, modelnya jadi seperti abis makan dia cuci sendiri piringnya yang bekas makan, beresin sendiri bajunya yang udah disetrika masuk ke lemari baju, atau kadang babysit adeknya. Yang terakhir membutuhkan tingkat kepedulian dan ketrampilan moderat dah. Soalnya adeknya udah rusuh banget, ga bisa diem, dan udah bisa jail sama kakaknya.

Ofkors dong, kegiatan afterschooling ini ga lupa rutin gua selipin belajar dari buku My Pals Are Here. Terus terang bukunya menarik banget. Mungkin pilihan kata ‘menarik’ itu terjadi saat kita membandingkan antara buku teks sekolahnya dengan buku My Pals Are Here ya. Tapi, kegiatan belajar bareng dari buku ini banyak membantu juga karena entah disekolah ga diajari, atau diajari dengan cara pandang berbeda.

Last but not least, ada satu hal yang susah didapet kalo dia homeschool, entah itu apakah itu namanya leadership atau self confident atau disiplin atau mungkin bisa kita namai juga persistent. Dari cerita yang kita dapet, maksudnya cerita dari Fidel maupun dari temen sekelasnya, ternyata Fidel adalah ketua kelas yang galak, bahkan sampe dituduh jaim karena ada temennya dari rumah yang kenal Fidel dari masih kecil,  jaman masih pemalu.

Aku kalo dikelas terpaksa galak. Kalo ga gitu, anak-anak susah diatur | Ha (pikir gua, masak sih) | Iya, kalo baris mau masuk kelas, kadang yang belum rapi aku suruh aja masuk belakangan | Trus? | Iya, soalnya masak udah mau masuk kelas masih ketawa2, kakinya ga lurus | Ha (ha yang kedua) | Atau kalo masih susah juga dibilangin, aku suka minta tolong belakangnya, tolong jewer telinganya atau tepok aja pantatnya biar ga petakilan | Oo..Bu guru gapapa tuh? | Ya gapapalah, kadang dikelas kalo Bu guru nyuruh diem ga bisa, aku teriakin aja ke kelas, semuanya diem mau pulang ga! | ebuset, masak sih, ini siapa yang encourage? siapa yang menginspirasi? (catetan, ini pas bagi rapor nanti harus didiskusikan panjang sama gurunya)

 

Leave a Reply

