My Picky Eater

Gua ga inget apakah waktu kecil Fidel sesusah Bella dalam hal makan. Ga inget bukan karena itu udah lama berlalu, tapi karena dulu ada pengasuhnya yang ngurusin, dan gua terima beres. Sekarang, karena memang milih untuk ngurus sendiri anak2 termasuk masak buat mereka, baru tau ternyata Bella termasuk anak yang pilih-pilih makanan.

Kalau pagi relatif aman karena kita sekeluarga mencoba selalu sarapan buah. Jadi kl pagi tinggal potong2 trus masuk mobil, makan cenderung gampang walaupun mobil jadi berantakan.

Kesulitan datang saat makan siang dan makan sore. Awal-awal MPASI masih cenderung lancar, apalagi makannya cuma buah. Tapi semenjak menu makan udah sama dengan menu makan kakaknya, mulailah Bella milih-milih makanan. Kalau siang dikasih makan tumis sayuran, sorenya bisa ga mood dikasih makanan yang sama, padahal siangnya lahap banget makannya. Kalau ngomong masalah variasi, tiap hari menunya ganti, bahkan tukang masaknya juga gonta ganti.

Gua sama wangsit memang selalu bertukar peran, biar kita berdua sama2 bisa handle urusan anak2. Jadi, kalo hari ini makan nasi goreng bikinin gua, besok makan sop kacang merah buatan bapaknya. Sebenernya sih untuk hampir semua urusan rumah, kita berdua saling tukeran. Beresin baju habis disetrika, hari ini jatah gua, besok jatah wangsit. Urusan jemput Fidel juga gitu, kl Wangsit ga bisa, gua juga bisa jemput Fidel sekolah. Balik ke masalah si picky eater, bahkan yang nyuapin juga ga selalu gua. Pernah dokter kasih saran gini: Kl anaknya susah makan, baiknya ibu nya jalan2 keluar rumah seharian. Waah, pegimane Pak Dokter, sarannya kok gimanaa banget sik. Gua sih ga ngikutin saran itu, tapi biar Bella ga bosen, gua sama Wangsit juga gantian nyuapinnya. Hasilnya ya podo. Kalo gua suapin ga mau makan, disuapin Wangsit juga tetep aja mingkem.

Walhasil, ibunya stress, waktu umur 1Y ke dokter, berat badan cuma 8,2 kilo, yang mana dokternya bilang, minimal anak umur satu tahun minimal berat badannya 9 kilo.

Pulang dari dokter, rasanya melayang2 gitu, bingung, apa akhirnya nyerah trus ambil suster aja ya? Kok kesian amat sih ibunya segede truk tronton gini, anaknya imut2. Tapi dokternya memang masih cocok sih, kita ga diresepin suruh minum vitamin atau penambah nafsu makan. Apalagi, nafsu makan anaknya sih ga masalah, asalkan ketemu makanan yang dia doyan. Masalahnya, kita ga tau Bella lagi mood makan apaan. Kl siang dikasih soto, luahap poll, giliran sore, cuma makan dua suap aja udah bersyukur.

Ya udah, kalau lagi risau melanda, mulai deh browsing2, dimulai dengan kata kunci: berat badan ideal anak usia 12M. Udah gitu, hasilnya sih kadang masih bisa meredakan risau yah, karena selalu diinfo, bahwa di umur 1Y anak umumnya mencapai 2,5-3x berat lahirnya. Bella lahir dengan berat 2,716 kilo, jadi kalau dikali tiga, maka paling tidak beratnya 8,148 kilo, yang mana oke dong, kan beratnya 8,2kilo jadi masih masuppp. Tapi, kalo Bella lagi GTM selalu terngiang2 bahwa, kata pak dokter berat badan anak umur 1Y itu minimal 9 kilo. Jadi, urusan itu ga pernah tuntas deh.

Akhirnya, suatu ketika, Bella udah umur 13M, saat udah dua-tiga hari dikasih makan apa aja ga mau kecuali biskuit, dan biskuitnya harus ganti rasa tiap kali makan, gua browsing nemu link bagus membahas mengenai pertumbuhan anak, ini linknya: http://aufalactababy.com/tag/growth-chart/, disitu dibahas lengkap termasuk mengenai status gizi.

Ternyata, berat badan bayi atau anak itu ga mencerminkan status gizi bayi atau anak. Jadi, kalau kita biasa nimbang di puskesmas, kan dikasih kartu tuh, namanya KMS, Kartu Menuju Sehat, dikartu itu abis nimbang maka berat badan anak kita diplot masuk grafik, grafik itu ada warnanya. Nah, ternyata, semisalnya berat badan anak kita diplot masuk grafik hijau muda, atau kuning sekalipun, belum tentu berarti anak kita kurang gizi, apalagi kayak Bella, yang waktu lahir masuk grafik hijau muda, sekarang di usia 12M beratnya 8,2kilo dan masuk grafik hijau tua.

Untuk tau status gizi, ada tabelnya yang dikeluarkan oleh Depkes tahun 2005. Dari tabel itu, kita dapat mengetahui berapa berat badan anak kita seharusnya diukur dari tinggi badan anak kita. Puji Tuhan. Bella diumur 13M ini tinggi badan antara 70-70,5 cm, dan menurut tabel, anak perempuan dengan tinggi 70cm, berat badan normalnya antara 6,6-11,1 kilo. Kurang dari itu berarti kurus, dan lebih dari itu berarti gemuk. Hohohoho, jangan sampe anak gua gemuk dong, susah nanti nyari baju ga bisa allsize. Hehehehe, ga penting sih saat ini, itu biar nanti jadi masalah Bella aja.

Ya udah, akhirnya sekarang sih kita tetep berusaha mengatasi masalah pilih2 makanan itu, kadang stress juga, tapi stressnya lebih krn udah cape2 masak, tapi masakannya buat ngepel lantai atau buat ngasih makan semut. Duh.

 

Ini foto waktu Mama mandiin gua diumur kira2 sama dengan Bella

Ini foto waktu Mama mandiin gua diumur kira2 10-11bulan

Ini foto gua mandiin Bella

Ini foto gua mandiin Bella diumur kira2 10-11bulan

Kalau diliat foto gini, kira2 diumur yang sama dengan Bella, malah gua lebih kurus ya dibanding Bella. Tapi 30 taun kemudian, kenapa gua jadi menggelembung gendut begini ya, wkwkwkwk.

 

Ini gua digendong mama

Ini gua digendong mama

Ini Bella gua gendong

Ini Bella gua gendong

Image0040

DSC_2885

Foto gua lagi ultah pertama dan foto Bella lagi ultah pertama

Ini gua pake baju pink abis pesta ulang taun yang pertama

CIMG2711

Foto gua dan foto Bella sama2 lagi main dilantai

 

Setelah liat foto2 perbandingan, satu lagi yang penting buat diinget kl lagi risau, genetik itu berpengaruh. Ternyata gua waktu kecil emang ga endut, kl skrng endut justru ada yang salah dengan pola makan gua. Jadi, tetap semangat. Awalnya takut anak kurang gemuk, ternyata ujungnya tersadar bahwa diri sendiri terlalu gemuk.

Leave a Reply

