Bento untuk bekal sekolah

Seumur2 ga pernah bikin bento. Tapi, terakhir2 memutuskan untuk belajar bikin, karena Fidel udah mau sekolah. Pinginnya, pas dia makan bekalnya, dia teringat kita keluarganya dirumah. Selain itu, gua juga kepingin, buka bekal makannya adalah saat yang dia tunggu2 karena isinya unik dan enak.

Jadi, udah seminggu ini gua berusaha bikin bento buat dia. Yah, namanya juga amatir, resep utamanya cuma kasih sayang, namanya bikin buat anak sendiri.

Bento hari pertama

Bento hari pertama

Hari pertama, bener2 bikin pusing. Akhirnya, bikin omelette pake fry berbentuk beruang. Satu2nya fry dengan bentuk yang gua punya. Trus, coba2 buat mata hidung mulut untuk si omelette, pake nori puncher. Sayang, entah krn kurang latian atau norinya melempem atau puncher ga tajem, akhirnya yang kepake matanya aja, hidung dan mulutnya gunting sendiri. Selain omelette, goreng ayam juga yang udah dibumbuin berapa hari sebelumnya. Minumnya susu strawberry. Buahnya pear.

Bento hari kedua

Bento hari kedua

Hari kedua, coba2 bikin cetakan berbentuk hati ditengah2 nasi, dan diisi dengan potongan daging goreng yang udah dibumbui sebelumnya. Trus, orek2 telur brokoli dan wortel, ditaro di tempat tersendiri. Buahnya semangka.

Bento hari ketiga

Bento hari ketiga

Waktu hari pertama itu, dua telur ayam dipisah kuning dan putihnya. Yang kuning dibikin omelette dihari pertama. Yang putihnya masuk kulkas karena ga ada ide. Akhirnya hari ketiga ini, Fidel minta nasi goreng. Ya udah, putih telurnya digoreng, dicetak tiga bentuk binatang, trus dipas2in sama bentuk box nasinya. Karena ga pas, akhirnya bentuk binatangnya ga sempurna. Duh. Tambahan menunya puding cokelat. Buahnya semangka.

Bento hari keempat

Bento hari keempat

Hari keempat. Udah niat dari malemnya mau bikin onigiri alias nasi kepal. Bikinnya gampang banget soalnya. Orang bilang, bikinnya pake cling wrap, tapi kl gua lebih cocok pake plastik buat bungkus makanan biasa, yang ga mulur kalo ditarik. Jadi nasinya ditaro diatas plastik bersih, bentuk bulat tipis, lalu abon nya ditaro tengah, bisa abon bisa jg apa aja sesuka kita, habis itu dibentuk membungkus seperti bola. Kalau mau cari tutorialnya banyak kok di blog dan web praktisi bento. Tapi, kayaknya balik lagi ke kita yang bikin. Lagi2 pake nori puncher ga maksimal hasilnya, jadi gunting2 sendiri aja norinya. Sayurnya tumis bayem, ditambah puding cokelat.

Bento hari kelima

Bento hari kelima

Bento di hari jumat. Harus gua akui bahwa practise makes perfect itu benar. Bento ini mah jauh dari perfect, tapi kayaknya sih makin mendingan lah. Ini namanya kyaraben. Kyaraben itu bento dengan tema tertentu, biasanya ditandai dengan adanya karakter didalam bento, walopun ini mah cuma karakter sederhana aja, binatang apaan ga tau deh. Nasi, sayur oseng2 brokoli wortel campur telur, plus abon. Trus bikin dari lembaran keju bentuk binatang, satu untuk nasi, satu lagi untuk biskuit. Matanya dibuat dari wortel, senyumnya dibuat dari tempe. Lagi2 puding cokelat.

Ini lima jenis bento untuk bekal Fidel bersekolah di minggu pertama. Besok2 mungkin gua akan coba share ya, akan bikin bento apalagi untuk minggu kedua Fidel bersekolah, dan seterusnya dan seterusnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s