Lego oh lego

Agak lupa juga umur berapa tepatnya Fidel suka main lego. Mungkin sekitar umur 3 atau 4 tahun, kita beliin dia lego pertamanya. Memang gua yang niat memperkenalkan Fidel dengan lego, karena gua inget jaman kecil main lego, atau sejenis lego ya, itu senaaaang banget. Kali ini gua posting tentang perjalanan Fidel berlego ria, sebabnya bulan Juli nanti dia mulai masuk sekolah dan kemungkinan besar ga bisa sesering sekarang main lego. Mungkin juga dia akan memulai aktivitas baru dan melupakan kecintaannya pada lego, atau sebaliknya sih, mungkin dia semakin intens berlego.

Lego pertama Fidel itu modelnya pesawat penumpang, warnanya putih nuansa biru, ketambahan pernak pernik lainnya termasuk mobil kecil pengangkut koper. Dia yang pilih sendiri, kode nya 3181. Belinya pas ngemal jumat malem sepulang ngantor, jadi sampe rumah udah malem, dan baru bisa dirakit esok paginya. Yang rakit tentu aja bukan Fidel, melainkan gua sama bapaknya. Pas udah jadi, dipake Fidel main sebentar langsung pada rontok, haha.  Abis itu, rada lama lagi baru beli lego, karena Fidel ga mau dibeliin. Dia bilang, maunya dibeliin mainan yang ga gampang copot.

Ini gambar lego pertama fidel, kode 3181

Ini gambar lego pertama fidel, kode 3181

Udah lupa lagi juga, tepatnya kapan beli lego berikutnya, tapi seinget gua, setelah pertama kali beli lego city, kali keduanya kita beli lego yang lebih  mudah dan bisa dibentuk bermacam-macam, kode nya 6166, sekitar 400pcs lego yang bisa beberapa bentuk. Fidel cukup lama main lego yang ini, dan seneng banget.

Lego kedua Fidel, kode 6166

Lego kedua Fidel, kode 6166

Setelah main lego kode 6166 ini, Fidel jadi lumayan seneng berlego, maka mulailah kita hunting diskon lego. Mumpung dia juga belum bisa milih maunya lego apa. Tiap ada diskonan, dibela-belain beli. Kalo beruntung, bisa dapet yg diskon 50% kan lumayan banget ya.

Kita dapet lego diskonan yang cukup menarik, kode nya 8403, ini lego berbentuk rumah. Pas banget masanya tuh anak mulai main pura-puraan. Ga kehitung deh berapa skenario pura-puraan yang melibatkan ini lego.

lego kode 8403

lego kode 8403

 

Trus, dapet lagi yang diskonan masih dari seri lego city. Kalo ga salah diskonnya masih 60% kalo ga salah, udah diskonan belinya juga masih ditambah voucher metro atau sogo ya gua lupa. Kadang kan suka dapet voucher gratisan tuh, antara sebel dan seneng juga dapet voucher gitu. Kenapa? karena suka jadi beli yang ga perlu. Misalnya, tiap taun kan dapet voucher dari salah satu produsen mobil yang kita pake. Katakanlah, nilai vouchernya 20, seneng dong? Eh tapi, giliran dibelanjain, jadi keluar duit tambahan minimal 10 buat tambahan kekurangan harga barang yang dibeli. Belum jadinya jajan dimal nya, belum laper matanya. Jadi, gua anggap, pengeluaran kali ini sebagai smart spending, apalagi jenis lego yang didapet kategori besar2 dan mobile dapet dua items, kode nya 4643.

Lego kode 4643, berupa truk pengangkut dan speedboat plus orang-orangnya

Lego kode 4643, berupa truk pengangkut dan speedboat plus orang-orangnya

Lego berikut yang gua beli, ga termasuk kategori diskon atau apapun. Gua inget kita beli harga normal, dan Fidel udah mulai bisa nawar. Dia mintanya dibeliin lego police station yang harganya sejutaan, welehh, meni mahal bener, udah gitu umurnya belum sesuai, dia baru banget ultah ke lima, ya males lah guanya. Menurut gua, kl beli lego city gitu yang mana ditulis range usianya 5-12 tahun, dan anak kita masih diumur 5 tahun yaa ga usah mahil2, minimal dicicil dulu dah. Duitnya kan sembari dikumpul2 dulu gitu. Jadi, akhirnya setelah lebih dari setengah jam nego ditempat, Fidel happy banget membawa pulang lego helikopter polisi kode 7741 dan gua happy banget ga jadi bangkrut seketika

lego kode 7741

lego kode 7741

Berhubung lego itu lumayan-lumayan ya harganya, maka gua berusaha belinya pada momen tertentu. Paling oke banget sih pas ulang tahun. Pas banget di ultah Fidel ke 6 kita lagi sibuk prepare buat kelahiran Bella. Dia mulai nampak sedikit jelous karena kita bolak balik pergi beli peralatan bayi. Beli box bayi, beli baju bayi, beli ina itu. Yah, memang manusia boleh berencana tapi Dia Yang Maha Berencana ya. Kita itu setelah Fidel selesai nen diusia 2,5 taun kan pengen coba punya baby lagi. Jadi pengennya pas Fidel usia 3-4 taun dia punya ade. Tapi, ternyata Dia menganugerahkannya saat Fidel usia 6 taun, jadilah banyak barang-barang bayi jamannya Fidel udah gua kasih ke orang, box bayipun udah diniatin mau ngasih ke sodara yang abis merid, biasanya kan abis merid orang pengennya punya baby ya. Siapa sangka pas dateng ke kawinan sodara, gua juga sedang menuju preggy. Jadi pregnantnya bareng, cuma selisih dua bulanan deh.

Akhirnya, di ultahnya ke 6, kita ngadoin lego kode 6913 sama 6912 sama 5933. Untuk dua pertama, kode 6913 dan 6912, keduanya itu lego creator. Maksudnya lego creator itu adalah, satu set itu bisa menjelma menjadi 3 bentuk atau 3 desain. Beda dengan lego city yang satu setnya hanya untuk satu bentuk atau satu desain saja. Jadi, kl kita bosen dengan satu bentuk, bisa ubah ke bentuk lainnya dengan items yang sama.

Lego ini bisa dibentuk jadi 3 mobil, kode 6913

Lego ini bisa dibentuk jadi 3 mobil, kode 6913

Lego ini bisa dibentuk jadi 3 jenis pesawat, kode 6912

Lego ini bisa dibentuk jadi 3 jenis pesawat, kode 6912

 

lego kode 5933

lego kode 5933

 

Sehabis ultah yang ke 6 itu, Fidel jadi sukaaa banget dengan lego. Tiap pergi kemana aja, pengennya beli lego, duh mateng. Ada satu lego kecil yang belinya untuk mengalihkan perhatian Fidel dari lego star wars besar nan mahal itu. Waktu itu lg mau coba liat carseat buat Bella, dia ngerengek ke gua, minta dibeliin lego, akhirnya gua bilang boleh beli lego yang harga nya ga lebih dari 100 ribu. Akhirnya beli lah kode 4641 ini.

 

lego kode 4641

lego kode 4641

Tapi, inilah adalah lego pertama dan terakhir yang kita beli untuk mengalihkan perhatian. Setelah beli, gua sadar, bahwa ini bukan cara mendidik yang kita setujui. It happened by mistake. Kita ga pengen Fidel belajar bahwa sesuatu yang tidak bisa dia dapatkan, bisa disubstitusi dengan mudahnya. Gimana kalau dia punya mimpi yang susah digapai dan akhirnya dia bersedia menggadai mimpinya dengan hal lain yg lebih mudah? *ceile, dul, tumben rada pinteran nih*grin*

Setelah itu, selama hampir setaun, kita ga pernah beli lego. Beberapa kali terjadi insiden air mata (hampir) tumpah di toys kingdom (yang apesnya bersebelahan dengan Ace Hardware yaa) atau di sogo atau di metro, tapi gak apa lah, biar Fidel tertempa lebih kuat. Gua ga pernah lagi mencoba mengalihkan dia dari sesuatu yang dia pengen. Bahkan kl ada perlu ke ACE trus ada toys kingdom, justru gua ajak dia masuk untuk liat-liat semua barang yang dia pingin. Dengan catatan, ga beli ya, cuma liat. Dari aktivitas itulah justru dia bisa lebih kreatif, bahkan menurut gua, Fidel jadi lebih determined dengan apa yang dia mau. Dia bilang, dia mau bongkar lego2 yang dia punya, untuk dibikin lego star wars, sembari nunggu cukup umur dan cukup usia untuk beli lego yang dia mau. Mulailah dia browsing youtube untuk cari tutorial bebas tentang lego. Karena kelihatannya dia mau mulai dengan bengkel lego, yang mana gua lebih suka dibanding hanya koleksi lego ya, akhirnya kita sepakat modalin bengkelnya dia. Kebetulan, ada jenis lego yang mendukung banget, kode nya 4630, isinya sekitar 1000 pcs ditaro di dalem box besar, dan harganya pun lumejen deh ya untuk ukuran mainan anak-anak, tapi ya namanya juga buat modal, bela-belain dah.

lego kode 4630

lego kode 4630

 

Ternyata, modal ini kategori big bite buat Fidel. It is something that he could chew little by little. Dia ga pernah ngerengek lagi minta beliin lego seperti sebelumnya. Bahkan dia ga puas-puasnya eksplore bikin lego custom yang perusahaan legonya sendiri ga ngeluarin, misalnya bikin lego si robot wall-e yang terkenal itu. Setelah berkali-kali ganti bentuk lego, gua bilang sama Fidel untuk mulai mengabadikan bentuk-bentuk lego buatannya, supaya kl dia mau bikin lagi, ga susah, juga buat kenang2an. Bentuk-bentuk lego bikininannya, besok2 aja postingnya yaaa

 

2 thoughts on “Lego oh lego

  1. wow!ini postingan 2 th lalu yang “very relate” dengan keadaan aku sekarang. aku sedang melatih anakku (dan AYAHNYA) untuk tidak selalu ikut belanja setiap kali beli kado untuk teman anakku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s