Lulus ASIX 6M pertama, trus MPASI niey ceritanya? *glek*

Hari ini ultah Om Egi, 23 april, siang2an kita kerumah Oma buat celebrate. Tapi, hari ini juga pas 9 bulan lalu Bella lahir. Ga terasa banget deh *aah, klise!* sembari gua mikir: hah, baru 3 bulan toh MPASI. Hahaha, rasanya kok udah lama banget.

Enam bulan pertama buat gua, relatif lebih enyak. Kapanpun dimanapun, tinggal nen aja. Mau pergi2 gua ga pernah bawa botol susu, air panas, dan teman2nya. Bella udah lulus ASI eksklusif selama 6 bulan pertama hidupnya. Pada masa itu, duh gua sampe agak lupa dah enaknya. Ga mikir bawa makanan, peralatan makan, dan lainnya.

Akhir jan 2013, Bella mulai makan. Gua memang ga ngenalin dia sama makanan buatan pabrik sebagaimana halnya bella sama fidel ga kenal susu formula, anak2 makan makanan buatan sendiri. Bedanya, waktu fidel gua tinggal instruksi si baby sitter. Gua sibuk dengan plan-do-cek-ricek-action-review-note-apalagi yaa? Haha, pokoknya, gua masak MPASI sendiri itu bisa diitung dengan jari. Kalo nyuapin sendiri sih iyalah pas hari libur, itu lebih dong dari hitungan jari.😀

Tapi, dengan bella, semua kita lakuin sendiri. Kita disini means, wangsit involve 50%, gua 50%, fidel 50%, keluarga deket selebihnyalah, tapi no baby sitter no pembantu no mbak yg involved.

Nah, disini bedanya ya. Cape2 semaleman nyusuin, bangun2 musti masak juga, trus nyuapin et cetera et cetera, akhirnya antusiasme dan kreativitas lu nyiapin MPASI rumahan untuk bella, udah ga exceed seribu persen lagi deh.

Pas usia bella 9bulan, gua tersadar bahwa bella baru kenal sumber protein itu tahu, tempe, hati ayam. Trus, karbonya baru nasi, kentang, ubi madu. Sayurnya baru: bayem, wortel, buncis, baby corn. Kalau buah memang gua akui variasi yg bella kenal udah banyak: buah naga putih *yg merah baru dua kali ngasih, trus stop, soalnya si pupnya langsung warna merah ungu* pepaya, , kiwi, pisang, macem2 pear, macem2 apel, alpukat, macem2 melon, semangka, apa lagi ya, I already stop counts and take notes. Weleh.

Maka barusan blogging lagilah gua, dan membaca kata2 seperti: nasi tim beras merah dan tim salmon buat MPASI si baby X. Dang! It’s very intimidating! Gua langsung agak down gitu. Para ibu2 itu kreatif banget ngempanin anaknya makan. Gua langsung minder dan mikir agak sedih gitu, bisa ga ya gua seperti mereka..

Tapi gua berusaha pikir positif, milestone 9M ini berfungsi untuk reminder gua, ada hal2 yg perlu gua pertahankan dan juga perlu gua improve. Mungkin, gua ga bisa secanggih yg gua harapkan, tapi semoga gua bisa secanggih yang anak2 butuhkan *halah, apaan siy*

Jadi, gua mulai susun agenda (lagi), mikir utk siapin menu finger food apa yg gampang dimasak tapi fresh, tambahin menu protein dan karbo baru. Dan, sebagai perjalanan kenangan, nti kl udah nyentuh kompie, gua coba upload foto2 terkait perjalanan 9M ASI dan MPASI nya Bella ya.

 

bella in her bumbo

bella in her bumbo

abis makan buah naga, pup nya seru, haha

abis makan buah naga, pup nya seru, haha

 

 

2 thoughts on “Lulus ASIX 6M pertama, trus MPASI niey ceritanya? *glek*

Leave a Reply

