Fidel’s fave spots at home

Fidel sebentar lagi masuk sekolah. Semenjak dia terdaftar disuatu sekolah bulan november 2012 lalu, gua menganggap antara november itu sampai juli 2013 adalah masa bulan madu.

Masa bulan madu maksud gua adalah masa dimana kita merasa segalanya manis luar biasa. Ga ada keluarga dekat atau tetangga atau orang asing yg bisa mengomentari pilihan kita utk homeschooling sebagai suatu pilihan yg tidak lazim yg dilakukan oleh orangtua kemaren sore.

Kita tinggal bilang aja, oh dia belum sekolah baru juli 2013 nanti. Berhubung november ke juli itu lama, jadinya gua ga mikir terlalu beratlah, mikirnya selalu gini: ah masih lama, ntar2anlah. Walaupun yg ringan sih udah mulai dicicil, kayak model tas, baju, peralatan nulis, tempat makan siang.

Justru yg paling esensial itu yg susah nyiapinnya. Fidel mungkin masih dan gua ga tau apakah pernah akan berubah dan tidak bermental anak homeschool.

Fidel yang sekarang ini amat fokus antara apa yang dia mau dan tidak mau. Dia susah didrive pada hal-hal diluar kemauannya. Contoh: gua pingin dia join pramuka sama temen-temennya di klub oase. Tapi dia ga mau sama sekali, dia bilang dia ga mau jadi pramuka. Gua coba bujuk dgn nonton film inspiratif sepanjang masa yang bahkan membuat gua bangga pernah bergabung jadi pramuka.
Nama filmnya Lima Elang. Sekarang, tiap hari fidel nonton itu film di youtube. Dia sampe hafal dialognya dan suka ikut ngucapin saat film diputer. Tapi bukan krn dia mau jadi pramuka, tapi karena dia mau jadi pembalap RC seperti tokoh Baron di film itu.
Padahal, jalan ceritany, si baron yg tadinya ga mau jd pramuka krn telanjur cinta sm mobil balap RC, akhirnya justru jadi pramuka sejati. Kenapa kok Fidel bisa ambil fokus yg beda ya sama film itu, sembari dia nontooon aja itu film.

Keseharian fidel itu jauh dari rutinitas anak yang bersekolah. Bangunnya aja siang, sekitar jam 8. Abis bangun, dia punya beberapa tempat yg dia tongkrongin didalam rumah. Ada piano, ada meja belajarnya, ada tangga menghadap kebon belakang, ada pojokan tempat dia taruh perkakas bikin-bikinnya.

Ditempat2 itulah dia terhanyut tanda kutip, entah bikin-bikin mainan atau craft, atau sembari cari tutorial lego di youtube, atau kadang dia belajar reading eggs.com sambil denger musik-musik kesukaannya, atau the power of doing nothing and everything at the same time. Yang terakhir, maksudnya adalah, dia melakukan hal-hal yang dia anggap segalanya, sementara dimata orang yang ga paham dirinya, he was doing nothing. Haha, gua pasti dicap sok tau. *emang sok tau lu, dul*

Fidel pernah mau jadi gitaris, drummer, pianis. Fidel pernah mau jadi pemadam, tentara, pilot, tapi makin kesini cita-citanya menjauh dari pakem2 konvensional diatas.

Ada profesi model pembalap RC *duh so pasti itu yaa*, juga ada profesi pembuat film2 khusus predator, terakhir dia bilang kl kuliah nanti mau yg belajarnya tentang spesial efek.

Buat gua semua cita-citanya penting, dan yg mana aja dia mau lakuin silakan, asalkan membuat dia happy dan bukan sesuatu yg melanggar hukum. Gua perhatiin, setiap sudut2 rumah tempat dia nongkrong itu berperan banyak, seperti puzzle yang berserakan menunggu waktu untuk disatukan jadi gambar yg indah.

Gua selalu support apapun yg dia lakuin ditiap spot pilihannya, dengan cara ngebebasin aja dia ngelakuin itu walau belum mandi, belum makan, belum ngapa2in. Gua percaya, masa depan anak sering ditentukan oleh khayalan masa kecil mereka, sehingga khayalan mereka diwaktu kecil harus bebas. The sky is the limit!

fidel's fave spot #1

fidel’s fave spot #1

fidel's fave spot #2

fidel’s fave spot #2

fidel's fave spot #3

fidel’s fave spot #3

fidel's fave spot#4

fidel’s fave spot#4

fidel's fave spot #5

fidel’s fave spot #5

fidel's fave #6

fidel’s fave #6

 

Spot#1 itu adalah tempat fidel gabrukin semua sampah dirumah yang bisa dia pertahankan dengan alasan: untuk aku bikin-bikin. Memang sih, kl lagi butuh bikin-bikin dia pasti cari disitu, tapi kalau lagi ga butuh, udah pasti debuan deh itu spot.

Spot#2 dibikin dengan bayangan, dia bakal butuh tempat belajar formal dengan meja dan kursi dan tempat buku. Tapi, ya karena belum mulai sekolah, isi lemari itu sebagian lego, mainan,buku cerita.

Spot#3 paling sering dia samperin saat hari mulai panas, biasanya dia duduk dibawah pohon sambil bawa apa aja mainannya, dan dia akan bilang ke gua gini, “Ma, kalau ada apa-apa aku ada diluar ya, panggil aja”

Spot#4 ini harus sering-sering dibiarkan terbuka, siap dimainin. Kalau ditutup terus, biasanya dia suka lupa. Kalau dibiarin terbuka seharian, tiap lewat situ, maka satu lagu dimainin. Cuma, akhir2 ini gua suka biasain tutup kunci karena takut mbayangin jari-jari kecil Bella yang sebentar lagi sibuk wara wiri. Tutup si u1 itu kalo ngebanting kenceng banget soalnya. *ngilu*

Spot#5 meja makan ya so pasti dong. Multifungsi mau jadi apa aja. Fotonya yang gua pake itu pas meja makan diubah jadi arena mobil balap RC, tapi meja makan ini salah satu saksi tempat kita bercengkerama *yaiih bahasanya* juga diskusi ringan tentang apa aja.

Spot#6 ini sebenernya ga disiapkan khusus, hanya aja tempatnya yang sebelah2an sama meja komputer, jadi kebanyakan kita akan utek2 juga disitu.

Ini hanya sebagian spots yang Fidel gemari, kalau cari dia ya kebanyakan ada disitu, walaupun bisa juga dia ada di kamarnya kalo pas mau ambil mainan, atau dikamar kita kl lagi tidur *kita masih tidur sekamar berempat* atau didepan tivi kl pas ada film kesukaannya.

Gua agak sedih membayangkan mulai Juli nanti, tempat-tempat ini akan sepi pada jam-jam biasanya, yaitu mulai jam 8 pagi sampai kira-kira jam 2 siang. Tempat-tempat ini jadi hidup karena setiap hari dipakai. Ada tawa, ada teriakan, kadang ada tangis. Mainan berserakan, bahkan berhamburan. Membayangkan, pagi-pagi pulang anter sekolah, rumah sepi, rasanya mau nangis. Gua mau bilang, semoga Fidel mau balik lagi homeschool, seakan-akan berharap dia ga betah disekolah, jadi gua berdoa semoga dia betah disekolah, dengan pelajaran, dengan guru2, dengan teman2, dengan lingkungan barunya. *I actually cry while am writing this*

So much for this honeymoon. I love you Fidel. Hope you will find me and ayah as supportive and understanding as can be for every choice that you take in your life.

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s