Perjalanan bermusik Fidel selama ini

Sertifikat lulus ujian musik Yamaha nya Fidel yg level JMC4 udah dibagi minggu lalu, sekarang Fidel mulai masuk kelas JXC Piano sesuai pilihannya.

Gua pikir, udah saatnya gua bikin momentum ini jadi milestone dan dicatat di blog, untuk jadi kenangan perjalanan bermusik dia dari umur 2,5Y sampai sekarang nearly 7Y.

Kl gua inget2 lagi, agak lupa juga kenapa kok gua mulai masukkin dia kursus musik dari usia dini, tapi kayaknya gegara gua mau daftar jadi guru musik di Yamaha, liat2 iklan di koran, yang mana akhirnya kok end up daftarin dia kelas musik, utk level paling kecil saat itu adanya Music Wonderland/MW.

MW itu harusnya untuk umur 3Y, sementara Fidel waktu itu baru 2,5Y, agak ragu juga takut dia ga enjoy. Disaranin sama admin pendaftaran, coba aja dulu di trial class, akhirnya jadilah kita ambil trial class satu kali, gua inget saat itu tempatnya di Yamaha PIM, krn tempat lain itu trial classnya hari kerja dan cuma di PIM aja yg trialnya pas hari minggu.

Di trial class, Fidel enjoy banget, jadi ya udahlah ya, kita daftar. Tapi, kl di PIM kejauhan, walaupun dia buka kelas hari minggu. Gua mikirin sustainability dong, halah. Tapi intinya saat itu kita nyari kursus di sabtu minggu dengan lokasi yg deket.

Setelah telpon sana sini, akhirnya dapet juga kursus hari sabtu, di daerah bekasi ga jauh dari mal metropolitan. Tiap sabtu pagi jam delapan. Jadi tiap sabtu kita ga ada leyeh-leyeh dipagi hari, harus langsung cabut anter fidel kursus.

Music wonderland itu ya, jauh dari ekspektasi kita tentang kursus musik. Karena, udah bayarnya mahal tapi disana kerjanya cuma nyanyi2 aja, buat sebagian orang ya males aja kali, tahun 2008 akhir itu uang kursus Music Wonderland udah 350rb utk pertemuan seminggu sekali.

Idealnya, anak ikut kelas MW selama 6 bulan, habis itu mulai masuk kelas setingkat diatasnya, JMC yaitu Junior Music Class. Tapi, buat gua yg namanya foundation itu harus firm, apalagi gua cocok banget sama gurunya saat itu, orangnya sabar dan ngemong ke anak-anak. Sehingga saat selesai 6 bulan kursus MW, gua bilang ke gurunya bahwa fidel mau stay di MW dulu, alesan gua, masih mau seneng2 dulu tanpa peer. Gurunya udah wanti2 kl di JMC bakal ada peer. Gua pikir, masak anak umur 3Y an harus ada peer musik.

Pilihan gua tentu saja ga populer. Orangtua temen kursus fidel menyayangkan, tp ah gua ga ambil pusing. Fidel tetep di MW selama 6 bulan berikutnya.

Selama 6bulan yang kedua itu, lagi2 gua menyaksikan drama2 sedih tentang pemaksaan orangtua terhadap anaknya yg masih kecil. Jadi, di MW itu tiap pertemuan, kita diajak nyanyi2 aja, entah itu sambil duduk di depan electone atau maju ke depan nyanyi bareng2 didepan gurunya main piano. Ada anak yg ekstrovert langsung tuned-in, ada yg kayak fidel, ibarat mesin diesel. Sering2 kursus udah mau selesai dia baru hot2nya nyanyi. Emang enak sih ya liat anak2 yg berani dan gampang deket ma orang, tapi ya anak kita ga seperti itu, dan kita tetep sayang banget sepenuh hati, berusaha selalu terima apa adanya dan gak maksain apa yang memang bukan dia.

Kita percaya bahwa dia akan bertumbuh dengan courage and dignity in time, tanpa pemaksaan tanpa drama, especially drama!

Berbekal keyakinan itu, pas angkatan MW yang kedua gua juga pilih ‘tinggal kelas’, alesannya biar dasar musiknya sampe ngelotok, haha. Kita agak lupa berapa kali fidel ikut kelas music wonderland, tapi akhirnya, pas banget awal 2011 waktu gua udah resign dari kantor, deket rumah ada sekolah musik Yamaha yang baru berdiri, namanya Premier Music. Liatnya juga kebetulan pas lewat daerah situ. Langsung berhenti, tanya2, krn cocok ya langsung daftar. Sejak saat itulah fidel memulai kelas JMC 1 nya, krn umurnya juga udah mau lima tahun, motorik sensorik kasar dan halusnya gua pikir mulai siap, ya udah ga pernah pilih tinggal kelas lagi deh. Sampai saat ini dia selalu happy baik latihan maupun kursus, jadi maju terus, ada sih ups and downs, tapi kl dia lg bete, gua tawarin utk off dulu kursus, dia ga pernah mau. Belakangan ini juga makin antusias, apalagi kalau mau konser, paling semangat. Well, semangat terus ya Fidel sayang. Seperti biasa, foto2 nyusul ya

Ini foto ujian music wonderland yang keberapa gitu ya lupa. Ujiannya hanya nyanyi aja sendiri didepan.

Ini foto ujian music wonderland yang keberapa gitu ya lupa. Ujiannya hanya nyanyi aja sendiri didepan.

ini siluetnya mah keren, backgroundnya grand piano, tapi ya, fidel sama temen2nya cuma main lagu twinkle little stars aja

ini siluetnya mah keren, backgroundnya grand piano, tapi ya, fidel sama temen2nya cuma main lagu twinkle little stars aja

turun dari panggung, dapet piala dan foto2, abis itu sibuk aja cerita sama si oma, macem2 dah

turun dari panggung, dapet piala dan foto2, abis itu sibuk aja cerita sama si oma, macem2 dah

semoga gambarnya cukup jelas ya, kl kelas music wonderland ini selain nyanyi, anak-anak juga mulai diajari bentuk tangan yang baik untuk pencet electone

semoga gambarnya cukup jelas ya, kl kelas music wonderland ini selain nyanyi, anak-anak juga mulai diajari posisi tangan yang baik untuk tekan tuts electone

fidel mulai belajar taruh masing-masing jarinya diatas tuts

fidel mulai belajar taruh masing-masing jarinya diatas tuts

masuk kelas JMC, fidel mulai belajar baca not di tangga nada

masuk kelas JMC, fidel mulai belajar baca not di tangga nada

mulai latihan dengan keyboard di rumah

mulai latihan dengan keyboard di rumah

another concert with another trophy

another concert with another trophy

ini kelas JMC 3, materinya udah jauh lebih serius ya, latihan dirumah kadang suka begitu tense karena udah mulai susah

ini kelas JMC 3, materinya udah jauh lebih serius ya, latihan dirumah kadang suka begitu tense karena udah mulai susah

waktu awal sempet fidel kalau latihan pake orgen model lama

waktu awal sempet fidel kalau latihan pake orgen model lama

kl main ke rumah budenya, dia juga suka latihan pake clavinova

kl main ke rumah budenya, dia juga suka latihan pake clavinova

skrng Fidel latihan pake U1. Rasanya suka terbangg gitu, kl denger dia main piano. Dia suka banget main piano, lagu yg dia lagi suka main judulnya waltz. Itu lagu yg juga gua main jaman kursus musik jadul. Fidel, I love you

skrng Fidel latihan pake U1. Rasanya suka terbangg gitu, kl denger dia main piano. Dia suka banget main piano, lagu yg dia lagi suka main judulnya waltz. Itu lagu yg juga gua main jaman kursus musik jadul. Fidel, I love you

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s