Bento tools, must have or must not?

Untuk bento tools, gua mau share sedikit pendapat antara tools apa yang perlu dipunya dan yang ga punya sebenarnya gak apa-apa, walaupun pasti kl liat rasanya pengen beli, at least gua ternyata begitu, haha. Kita kalau liat hasil karya orang yang bikin bento pasti mikirnya harus punya tools apa aja nieh, true, but..setelah gua beli sendiri toolsnya, ternyata hasil karya bento yang paling bagus adalah yang dibuat dengan minim tools tapi dengan a bunch of creativity senses, walaupun memang certain tools are needed.

Tools apa aja yang a must? Kita pertama lihat dulu apa yang mau dibuat. Kenyataannya bento jepang itu adalah nasi sayur dan daging, yang diatur sedemikian rupa sehingga menarik dilihat dan gampang dicomot, mungkin karena alat makan utamanya adalah sumpit sih ya. Tapi, karena bento udah semakin mendunia, bento jaman sekarang mencakup juga roti atau pasta. Nah, kalau untuk roti, biasanya memang orang perlu cetakan, sehingga menurut gua, kalau menunya roti maka bread mold is a must. Udah gitu, cenderung cepat, bersih dan gampang untuk bikin bento dari bread. Saking seringnya gua bikin, jadi gua belum pernah mengabadikan juga, jadi ga ada fotonya. Yang ada cuma foto cetakannya ya, ini dia

Oke, ini ada empat cetakan roti yang gua dapet saat beli keju kraft. Sementara dua paling bawah adalah cetakan slice telur rebus. yang paling dekil itu punya mama yang gua minta krn itu kenangan masa kecil gua

Oke, ini ada empat cetakan roti yang gua dapet saat beli keju kraft. Sementara dua paling bawah adalah cetakan slice telur rebus. yang paling dekil itu punya mama yang gua minta krn itu kenangan masa kecil gua

Untuk cetakan roti seperti diatas, caranya adalah dua lembar roti yang udah diisi dengan selai atau telur rebus iris atau smoked beef lalu dipotong pakai cetakan segi empat itu. Hasilnya bentuk lucu2, kayak bentuk puzzle atau robot atau kupu2 seperti punya gua diatas. Cetakan roti seperti ini yang paling ideal buat gua krn semua potong kepake ga ada bagian yang kebuang. Ada juga beberapa model cetakan yang multifungsi, bisa buat roti juga nasi juga telur dadar. Tapi kekurangannya adalah banyak ngebuang bahan roti atau telur dadar. Contohnya kayak foto berikut nieh

Tiga cetakan paling atas ini cukup besar untuk cetak roti atau nasi, tapi menurut gua dua lembar roti hanya akan dapet sekitar dua bentuk cetakan, mubazir sisanya.

Tiga cetakan paling atas ini cukup besar untuk cetak roti atau nasi, tapi menurut gua utk selembar roti hanya akan dapet sekitar dua bentuk cetakan, mubazir sisanya.

Well, sementara cetakan yang model lingkaran dan bentuk sendok garpu ini jelas ga mungkin untuk roti  ya. Bahasannya next nya adalah cetakan untuk sayur, smoked beef, telur dadar. Untuk kategori ini ada banyak banget bentuk cetakan. Kalau yang bentuk tiga lingkaran diatas adalah untuk motong wortel, keju atau smoked beef bentuk alfabet. Duh kl udah jadi lucu banget lho, tapi prosesnya lama dan ribet. Kalau wortel sebaiknya dicetak sebelum dimasak, tapi resikonya telapak tangan kita bisa sakit. Sementara smoked beef sebaiknya dicetak setelah direbus (smoked beef jangan digoreng ya tp direbus/kukus biar teksturnya bagus, dan lebih sehat juga kan, kl mau tambah rasa dikasih kecap asin sedikit), untuk telur dadar atau keju ya udahlah ya, cetak aja sono gih, no advice😀

Biasanya cetakan-cetakan kecil ini untuk mempermanis, untuk bikin kyaraben, bentuk nya seabrek deh, ini contohnya

dengan cetakan ini kita bisa cetak roti, telur dadar atau nasi, tergantung kebutuhan kita mau bikin model apa

dengan cetakan ini kita bisa cetak roti, telur dadar atau nasi, tergantung kebutuhan kita mau bikin model apa

Kalau sayuran, gua cuma pernah cetak wortel aja, selain itu belum. Kalau dijepang, mereka pakai lobak juga sih ya buat sayuran, kl gua ga suka pakai lobak. Tapi untuk cetakan yang kecil itu gua juga pakai untuk bikin detail seperti mata atau hidung dari karakter yang gua bikin onigiri. Misalnya onigiri bentuknya kepala beruang, nah cetakan kecil2 nya gua pake untuk bikin mata hidung atau pipinya.

ini contoh cetakan nasi yang dari logam, walaupun yang dua kecil2 itu mestinya bisa juga dipake untuk cetak jelly ya. Kalau ang kuning itu untuk cetak pisang.

ini contoh cetakan nasi yang dari logam, walaupun yang dua kecil2 itu mestinya bisa juga dipake untuk cetak jelly ya. Kalau yang kuning itu untuk cetak pisang.

bahas cetakan, mari kita bahas cetakan dari silicon juga ya. Kalau bahannya silicon gini udah pasti harus cetak materi cair, idealnya sih cokelat ya, hmmmm

bahas cetakan, mari kita bahas cetakan dari silicon juga ya. Kalau bahannya silicon gini udah pasti harus cetak materi cair, idealnya sih cokelat ya, hmmmm

Cetakan alfat is a must ya, krn kita bisa cetak mulai dari kata2 seperti good luck, i love you, happy lunch dsb

Cetakan alfabet is a must, krn kita bisa cetak mulai dari kata2 seperti good luck, i love you, happy lunch dsb

IMG-20130329-00433

ini juga sama dengan cetakan alfabet, its a must, misalnya untuk bikin kalimat happy 7th bday, atau lainnya

Nah, jadi sampai disini, kesimpulan bahasan diatas, untuk cetakan macemnya bisa banyak, mau pilih yang multifungsi silakan atau yang khusus juga oke, masing-masing ada plus minus.  Cetakan nasi, bentuknya macem2 banget, kalau lihat bikin napsu deh, pingin punya, tapi ternyata, yang bakal paling sering kita bikin adalah yang hand molded, jadi jarang kepake juga itu rice mold, mana mahal pula.  Untuk cetakan yang kecil2 banget, selain cetakan alfabet dan number, hemmm, punya beberapa aja juga oke as a start. Yang penting itu punya cetakan kecil untuk bentuk mata, bibir, pipi, kuping.

Berikutnya, a very must have, foodpick. Nah, ini jenis must have yang menguras kantong, karena rasanya semua perlu banget.  Gua untuk beli foodpick nahan diri banget, krn kalo diturutin, ga ada habisnya. Ini foto semua foodpick yang saat ini gua punya, dan belum rencana nambah lagi.

IMG-20130329-00394

Memang, ada beberapa yang basic yang perlu kita punya, misalnya yang motif daun atau motif bunga, tapi selain itu sih biasa aja ya. Foodpick yang gua beli ini yang paling murah. Foodpick yang branded model motif hello kitty atau pororo atau pooh, mahil, rata2 sebungkus kecil diatas 50rb harganya, jadi gua pilih yang 20ribuan aja lah. Memang, kl kita bikinnya bento dan bukan kyaraben, foodpick inilah detail yang kecil tapi penting, tp gua kan cita-citanya mau bikin kyaraben..haha, ngeles

Berikutnya, mungkin kita perlu bahas sauce cups. Ini juga bagian penting untuk bento, tapi untuk kyaraben, hemmm ga juga tuh. Sebaiknya sedikit gua jelasin beda bento sama kyaraben ya, walaupun gugling bentar juga nemu lho. Bento itu makanan yang kita atur didalam kotak makanan, dengan bentuk yang apik cantik dan menarik untuk disantap, sementara kyaraben itu makanan yang kita atur dalam kotak makanan tapi dengan suatu tema khusus, misalnya tema mickey mouse atau tema ben10 atau apalah terserah kita. Jadi, kalau kyaraben itu bisa aja nasinya bentuk mickey mouse, atau onigirinya semua bentuk kepala si burung pemarah alias angry bird. Nah, jadi paham kan, kenapa gua bilang bahwa foodpick dan sauce cups ga terlalu signifikan kalau kita bikinnya kyaraben. Kecuali kita koleksi semua sauce cups dan foodpick berbagai tema, tapi duh mahal banget kayaknya ya. Gua sih beli sauce cups, krn kebetulan ada yang jual harga murce, here  you go

ini sauce cups untuk mayo atau saus tomat, kecap manis atau kecap asin atau whipped cream, segala deh

ini sauce cups untuk mayo atau saus tomat, kecap manis atau kecap asin atau whipped cream, segala deh

nah kalo yang ini bentuknya lebih imut dan lucu dari sauce cups yang gua post diatas, tapi kayaknya utk mayo dan whipped cream ga masuk ya, atau kl masukpun susah mencet keluarnya. ini lebih tepat untuk furikake

nah kalo yang ini bentuknya lebih imut dan lucu dari sauce cups yang gua post diatas, tapi kayaknya utk mayo dan whipped cream ga masuk ya, atau kl masukpun susah mencet keluarnya. ini lebih tepat untuk furikake, tapi entah juga ya, gua belum pernah pake nih

Nextnya, baran. Baran ini juga perlu tapi yang tipe standar aja. Fungsinya baran itu untuk pemisah. Kalau kita beli kotak makanan yang dalamnya udah dibagi jadi empat bagian atau tiga bagian, kadang kan susah tuh ya, ga customized. Kalau komposisi menu ga pas, nanti ada bagian yang lowong, tapi ada yg ga muat, maka lebih enak beli kotak makanan yang lowong aja, trus kita pakein baran untuk pemisahnya. Gua baru punya satu baran aja.

ini baran yang cantik banget, can't help it deh, dia memanggil2 gua dari raknya :D

ini baran yang cantik banget, can’t help it deh, dia memanggil2 gua dari raknya😀

Untuk kita yang pengen bisa kyaraben, harus punya items berikut ini krn tanpa ini, kyaraben nya ga bisa terlalu berdetail.

Ki-ka: pink nori puncher, fruit rollerball, pinset, cutter, blue nori puncher

Ki-ka: pink nori puncher, fruit rollerball, pinset, cutter, blue nori puncher

Untuk nori puncher, gunanya banyak banget. Untuk personalised kyaraben, jadi misalnya mau bikin wajah bulet2 dari nasi, alias onigiri, abis bikin ya tinggal cetak aja nori nya dipuncher ini. Untuk yang udah biasa sepertinya bisa juga gunting aja norinya sendiri, tapi utk tangan gua yg jempol semua, apa kabar ya?  Trus, fruit roller ball, ya biasalah lah fungsinya ya, sebenernya yg roller biasa juga banyak yg jual, tapi ini yang imut banget, maklum bento gitu ya. Untuk cutter yang jenis biasa yang gua punya ini, sama aja dengan cutter biasa. Cuma utk cutter bento, ada beberapa bentuk, ada yang bentuk O dan bentuk V, tapi gua belum punya sih, cutter yang bentuk2 gitu gunanya untuk mengukir timun misalnya.

Kemaren2 waktu ke daiso, gua juga nemu foodcups sekali pakai. Ini beda ya, sama sauce cups. Kalau foodcups ada yang sekali pakai ada juga yang reuse terbuat dari silicone. Gunanya ya banyak, misalnya buat potongan buah. Biasanya potongan buah itu agak berair, kalau cuma disekat dengan food divider atau baran, pasti masih tembus ya lewat bawah.

Yang atas itu foodcups sekali pakai, yang bawah itu rice ball packs sekali pakai

Yang atas itu foodcups sekali pakai, yang bawah itu rice ball packs sekali pakai

Orang jepang itu kayaknya biasa banget ya, makan nasi yang dikepel2 gitu, sering2 ada isinya, nah jadi itu rice ball pack itu ya bungkus onigiri, kl mau dimakan tinggal robek aja bagian depannya. Kalau kita ya ibarat bungkus lemperlah. Cuma kl kitakan memang dimasak beserta bungkus daun pisangnya ya, biar wangi.

Diatas itu adalah sharing bento tools yang gua punya, terkait dengan must have or not ya. Dan, selain yang gua share itu, ada juga beberapa yang gua belum punya, contohnya sausage cutters, roll mat utk sushi, food drawing pen, juga bento boxes. Yang terakhir itu, sebenarnya kotak makan biasa will do, bedanya, kl bento boxes itu biasanya model tumpukan, dan satu kotak besar aja ga bersekat. Gua sih ga punya dan ga berencana punya, tapi gua ada udah beli lunch boxes yang model tumpuk gitu, besok gua update deh ya, musti cari dan fotoin dulu.

4 thoughts on “Bento tools, must have or must not?

  1. hai, cetakannya banyak beli di dua tempat, carrefour bagian pernik2 jepang, trus satu lagi di daiso. Kalo daiso, yang pernah kucoba di Mal Artha Gading sama Kokas. Di toko bento online sih ada juga, tapi rata2 selisih mulai dari 5ribuan sama di dua tempat diatas tadi. Good luck and happy hunting ya

  2. Sis.minta info nya dong cetakan puding/cookies bentuk sendok & garpu beli di mana? Sy kepengen buangeet. Txn q

Leave a Reply

